RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENETAPAN BATAS MINIMAL DUKUNGAN DAN PERSEBARAN DUKUNGAN YANG MENJADI PERSYARATAN BAGI CALON PERSEORANGAN DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI LOMBOK TENGAH PADA PEMILIHAN TAHUN 2020

Lombok Tengah, 2019-10-28

Rakor Persyaratan Perorangan

Ini Isi Beritanya : Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan batas minimal syarat Dukungan dan persebaran yang menjadi persyaratan dukungan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok pada Pemilihan tahun 2020 dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 25 Oktober 2019 Bertempat di Lesehan Taliwang Cakra Jl. Soekarno -Hatta, Leneng, Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh KPU Kab. Lombok Tengah tersebut dihadiri oleh unsur Pemerintah Daerah, Kesbangpoldagri, Pihak Kepolisian Kabupaten Lombok Tengah, Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah dan stakeholder yang lain. Acara dimaksud dihajatkan untuk memberitahukan lebih awal terkait Regulasi-regulasi yang menjadi bahan rujukan hukum dalam melakukan penetapan batas minimal syarat Dukungan dan persebaran yang menjadi persyaratan dukungan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah pada Pemilihan tahun 2020 mendatang.

Dalam sambutannya Ketua KPU Lombok Tengah Ahmad Fuad Fahrudin menyampaikan bahwa pentingnya untuk melaksanakan Rakor ini adalah untuk memberikan informasi lebih awal terkait proses penetapan, regulasi-regulasi yang berkaitan dengan Jumlah minimal dan persebaran kecamatan yang harus dipenuhi oleh masing-masing Bakal pasangan calon perseorangan yang akan maju dalam kontestasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati KAbupaten Lombok Tengah pada Pemilihan tahun 2020

Lebih lanjut Ketua Divisi Teknis KPU Kab. Lombok Tengah Lukmanul Hakim menjelaskan bahwa yang menjadi Dasar hukum penetapan dan pelaksanaan pendaftaran Calon Perseorangan adalah UU No. 10 tahun 2016, PKPU No. 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Dan surat edaran KPU nomor 2096 tentang jumlah DPT terakhir yang menjadi acuan dalam menentukan jumlah syarat dukungan Bakal Calon. Dalam Surat edaran tersebut memuat jumlah Penduduk Lombok Tengah yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap adalah 760.482 jiwa, karena Lombok Tengah memiliki jmlah pemilih antara 500.000 - 1000.000 maka syarat minimal dukungan adalah 7,5% dari DPT tersebut dan dukungan tersebut tersebar lebih dari 50% Kecamatan yang terdapat di Lombok Tengah (sekitar 7 Kecamatan). .
Dalam Kesempatan yang sama Zaeroni selaku Ketua Divisi Hukum menambahkan bahwa ada perbedaan format dukungan (B1.KWK Perseorangaan) dari pilkada sebelumnya yakni terdapat copy KTP yang tertera menjadi satu dengan form tersebut diimana sebelumnya terpisah, sehngga lebih mudah dalam dalam penelitian,(tim humas) .

Dan rapat pleno penetapan jumlah minimal persyaratan dan persebaran dukungan tersebut akan dilaksanakan pada hari sabtu, 26 Oktober 2019. Melalui rapat pleno tertutup yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kabupaten Lombok Tengah.