KEGIATAN LOUNCHING KPU KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Lombok Tengah, 2019-12-06

Pemukulan "GONG LAUNCHING" Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah Tahun 2020

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Tengah menggelar Lounching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah Tahun 2020 di depan Bencingah Adiguna, Alun-Alun Tastura Praya. Malam Minggu, 23/11/2019.

Acara Lounching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Oleh KPUD Lombok Tengah ini di hadiri oleh Bupati Lombok Tengah, Ketua KPUD NTB, Ketua KPUD Loteng dan jajarannya, Ketua Parpol se-Kab. Loteng, Kesbangpoldagri Lombok Tengah, Forkopimda, serta elemen masyarakat lainnya

Kegiatan Lonching Tahapan Pilbup Lombok Tengah Tahun 2020, merupakan momentum yang cukup sakral, karena merupakan pertanda dimulainya tahapan Pilbup 2020. Dengan adanya kegiatan Lonching tersebut, maka seluruh jajaran KPU Kabupaten Lombok Tengah mulai dari Komisioner, Skretaris dan semua staf harus bergerak secara massif untuk mempersiapkan semua kebutuah dan perlengkapan pada Pilbup 2020. Demikian pula halnya dengan pihak-pihak yang akan mengambil bagian sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah, baik yang berasal dari Partai Politik atau gabungan Partai Politik maupun dari calon perseorangan (Indpenden).

Partai Politik dan atau gabungan dari partai politik yang boleh mengajukan calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah Tahun 2020 yaitu partai politik yang memperoleh 20% kursi di DPR atau memperoleh 25% Suara dari total suara sah. Mengacu pada ketentuan ini maka partai politik yang tidak mencapai 20% kursi diparlemen harus bergandeng tangan “Koalisi” dengan partai lain.

KPU Kabupaten Lombok Tengah menetapkan syarat minimum dukungan 53.037 KTP-e/SUKET setara 7,5 %  dari DPT Pemilu terakhir yang berjumlah 760.482, sebaran dukungan itu minimal di 50%  Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah. Surat pernyataan dukungan pasangan calon perseorangan  dituangkan pada formulir B.1 KWK  ditandatangani oleh masing-masing orang memuat elemen nama, NIK, jenis kelamin, alamat, RT/RW, tempat lahir, tanggal lahir, pekerjaan, status perkawinan. Terkait elemen data pekerjaan dan status perkawinan terdapat penjabaran dalam hubungannya dengan memenuhi syarat sebagai pemilih. Terdapat pensiunan TNI/Polri yang bisa terdaftar sebagai pemilih,  jika pekerjaan yang bersangkutan sudah tidak aktif di kedinasan (pensiun), begitu juga dengan status perkawinan terdapat masyarakat yang usianya tidak 17 tahun pada 23 September 2020 tetapi karena sudah menikah yang dibuktikan dengan buku nikah atau KK maka dapat terdaftar sebagai pemilih, sehingga penting melihat status dukungan calon perseorangan melalui verifikasi administrasi dan verifikasi faktual bagi dua elemen data tersebut.

Masyarakat Lombok Tengah juga harus memiliki pemahaman betapa penting tujuan dari diselenggarakannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah. Melalui pemahaman yang  baik tersebut maka masyarakat akan menyadari haknya untuk memilih siapa yang akan dipercaya memimpin Kabupaten Lombok Tengah pada pereode berikutnya. Namun demikian sekalipun masyarakat telah menyadari betapa penting arti dari penyaluran hak untuk memilih, namun jika tidak memahami tata cara pencoblosan yang benar, maka suara yang telah diberikan tidak bergua atau batal. Guna mewujudkan pemahaman masyarakat terkait tata cara mencoblos yang benar maka Devisi Sosialisasi, SDM dan Parmas akan berusaha melakukan kegiatan sosialisasi secara massif. 

Dalam kegiatan Lounching tersebut juga diperkenalkan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah Tahun 2020. Nama maskot pada pilbup 2020 yaitu Si-Tastura. Maskot ini  memiliki filosofis bahwa semua elemen masyarakat harus benar-benar memahmi calon yang akan dipilih, serta secara arif dan bijak menyikapi perbedaan pilihan. Tema dalam pilbup Lombok Tengah Tahun 2020 yaitu “Pemilihan Berintegritas Pemimpin Berkualitas”. Komitmen KPU untuk melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah yang berintegritas diwujudkan melalui upaya memastikan semua peserta pemilihan baik dari jalur Partai Politik maupun jalur perseorangan memperoleh perlakuan yang sama dalam setiap tahapan sampai kegiatan pemungutan suara tanggal 23 September 2020.

Akhirnya kami dari Jajaran KPU Kabupaten Lombok Tengah menghimbau kepada semua masyarakat yang pada tanggal 23 September 2020 berumur 17 tahun atau sudah menikah agar mempersiapkan diri terutama yang belum memiliki KTP-e agar segera mengurus sehingga dapat menyalurkan hak pilihnya.

Alimudin Syukri.  Devisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Lombok Tengah